Sholat Tarawih Kilat di Indramayu 23 Rakaat Selesai 6 Menit, Ponpes Ungkap Alasannya

Ramadhan tiba, ibadah Sholat Tarawih pun kembali dilaksanakan setiap malamnya. Di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quraniyah, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar) juga akan dilaksanakan Sholat Tarawih yang disebut tarawih kilat.

Karena Sholat Tarawih di Ponpes yang berlokasi di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu itu menjalani salat tarawih 23 rakaat hanya berlangsung 6 menit saja. 

Ini sama seperti tarawih kilat pada Ramadan 1441 Hijriah kemarin. 

Pengasuh Ponpes Al-Quraniyah, Azun Mauzun mengatakan, salat tarawih kilat ini dilakukan salah satunya juga karena pandemi Covid-19 masih melanda Kabupaten Indramayu. 

"Tarawih kilat kembali diadakan, karena itu suatu tradisi, lalu kami meminimalisasi orang yang tidak tarawih," ujar Azun seperti dikutip umma dari Tribuncirebon.com, Senin (12/4/2021). 

Dia mengungkapkan, tujuan tarawih kilat ini rutin dilaksanakan setiap bulan Suci Ramadan demi merangkul anak muda. 

Menurutnya, banyak anak muda zaman sekarang ini lebih memilih nongkrong sembari bermain gitar atau konvoi motor-motoran ketimbang berangkat salat tarawih ke mesjid. 

Para anak muda itu meminta, kalau pelaksanaan salat tidak cepat, mereka tidak mau salat tarawih. 

"Intinya tetap masih dilaksanakan tarawih kilat, dengan alasan mengakomodasi anak muda yang tidak tarawih, kalau bukan kita siapa yang mau merangkul," ujar dia. (ummi.com)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter