Pesan Komandan Nanggala: Doakan Kami Jika Muncul di Berita

Indonesia tengah berduka. Sebanyak 53 awak KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur setelah kapal selam yang mereka tumpangi tenggalam di perairan utara Bali.

Salah satu yang menjadi korban yakni Letkol Laut (P) Heri Oktavian. Siapa yang mengira jika Komandan KRI Nanggala-402 itu pernah mengunggah sebuah video di akun Instagram mengenai cara evakuasi personel saat kapal selam tenggelam.

Video itu diunggah pada 15 November 2019 silam di akun @class_of_2k2. Meski unggahan lama, namun video itu mampu membuat warganet terharu. Terlebih kata-kata pada keterangan video yang dianggap menyentuh hati.

Video unggahan yang berdurasi 28 detik tersebut memperlihatkan bagaimana cara evakuasi kru kapal selam untuk bisa keluar dari kabin.

Unggahan ini ternyata adalah simulasi kondisi kapal selam sudah tidak bisa dikendalikan atau harus segera keluar dari kabin kapal untuk menyelamatkan diri.

“Jika kamu tidak membaca ini di berita maka kami baik-baik saja. Tapi jika kamu menemukannya di berita mohon doakan kami,” tulis Heri dalam bahasa Inggris. 

Dalam video terlihat kru dari pintu kapal, sementara beberapa lainnya menunggu di luar sambil mengarahkan kru yang ada di dalam.

Selain unggahan video, Heri juga menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan seseorang berhasil keluar dari kabin kapal menggunakan baju selam Submarine Escape Immersion Equipment.

Postingan yang disertai dengan kalimat cukup mengharukan oleh alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta itu pun membuat netizen tak kuasa tahan kesedihan.

Bahkan netizen pun berbondong-bondong menuliskan doa di kolom komentar unggahan tersebut. Meski unggahan ini sudah diposting sejak dua tahun lalu.

Namun tetap menjadi perhatian publik terutama netizen lantaran pesan yang disampaikan oleh Heri Oktavian seperti sebuah firasat.

“Husnul khotimah ya pak, kita gak kenal tapi setelah baca caption jadinya mewek,” kata akun @nrlsabilla_

"Kami membacanya capt tenang di tempat terbaik tuhan," tulis akun @deliaputriangelina.

Seperti diketahui dalam sesi jumpa pers, Minggu (25/4/2021), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman 843 meter yang mengakibatkan 53 awak kapal di dalamnya gugur.

Dari citra yang didapat diketahui bahwa kapal selam seri Cakra buatan Jerman itu mengalami keretakan sehingga menyebabkan terjadi 3 bagian.

Saat ini sejumlah skenario evakuasi pun dilakukan mulai dari evakuasi bangkai kapal selam tersebut. (umma.com)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter